Citrio Browser

iklan

MUDAHNYA BELAJAR KIBOR (KEYBOARD By. Purnawandi Wawan

MUDAHNYA BELAJAR   KEYBOARD

By. Purnawandi Wawan

1. Mengenal Kibor (Keyboard)

Kibor (bahasa Inggriskeyboard) adalah sebuah alat musik yang dimainkan seperti piano, hanya kibor bisa memainkan beragam suara, seperti trompetsulinggitarbiola, sampai perkusi-perkusian. Dengan kibor, kita juga bisa bermain layaknya sebuah band. Dengan kibor, kita juga bisa bermain seperti kita bermain organ atau piano dan lebih praktis karena lebih mudah dibawa ke mana-mana.
Kibor terdiri dari style, voice, sequencer, speaker, parameter monitor, potensiometer volume, pitch atau bend, modulation (portamento) dan tombol tombol multi track. Kibor engan teknologi speaker built in dinamakan portable sound, bila ditambah dengan teknologi rekam mini dinamakan portable sound recorder. Bila di dalam operasi kibor harus menggunakan adaptor. Sintesizer (synthesizer) adalah nama lain kibor yang berarti sintesis (dari suara suara instrumen lainnya), kibor berfungsi sebagai orchestrator atau penyelaras suara dan aransemen (multi arranger). Beberapa voice atau suara yang direkam dalam orchestrator ini bisa diperluas (expandable) dalam pengertian teknologi penyuaraan (sound engineering). Expandable berarti bisa ditinggikan bagian suara treble atau bass atau middle tone.
Perbedaan yang pasti daripada kibor dengan piano adalah bahwa kibor selalu menggunakan listrik, sehingga lebih dimungkinkan apabila suaranya diperbesar dengan pengeras suara. Piano akustik menngunakan material senar dan hammer stick (batang palu) kecil yang dibungkus cushion leather (busa dan kulit) dan mengandalkan resonansi dan gema yang muncul dari dentuman atau getaran besi senar ke arah besi batangan dan kayu ebony dan memancarkan suara ke seluruh penjuru ruangan. Model perkawinan kibor dan piano adalah electric piano (dengan teknologi digital elektronik) dan sintesis suara piano yang memiliki tingkat kemiripan dan kualitas tinggi.
Sustain pedal didisain terlepas dari body part dan kaki. Kebanyakan pemirsa bingung dengan kesamaan papan nada (kibor), kesamaan cara permainannya (tangga nada, tuts—hitam dan putih, partitur, chord). Tetapi piano akustik tidak menggunakan drum otomatis (drum machine) kecuali dipasang dengan perangkat keras yang terpisah.




Ini adalah contoh gambar keyboard


2. Mengenal Nada dan Akord 

  1. Nada

       Nada adalah bunyi yang beraturan, dan memiliki frekuensi tunggal tertentu. Dalam teori musik, setiap nada memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Istilah "nada" sering dipertukarkan penggunaannya dengan "not", walaupun kedua istilah tersebut memiliki perbedaan arti.Nada dalam not dibedakan bentuknya menjadi 3 yaitu not angka , not huruf , dan not balok . Not angka dibedakan menjadi 3 yaitu : oktaf tinggi , oktaf sedang , dan oktaf rendah . sedangkan notasi huruf dibedakan menjadi 5 yaitu oktaf kecil , oktaf bergaris 1 , oktaf besar , oktaf kontra , dan sub kontra .
Contoh Simbol nada C,D,E,F,G,A,B,C'

     2. Akord

         Akord adalah kumpulan tiga nada atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan terdengar harmonis. Akord bisa dimainkan secara terputus-putus ataupun secara bersamaan. Akord ini digunakan untuk mengiringi suatu lagu. Contoh alat musik lainnya yang bisa memainkan akord adalah gitar (akustik dan listrik), organelectone. Akord yang memiliki nama berbeda namun bila dimainkan bersuara sama disebut Akord Enharmonis. Contohnya: akord Cb (Ces mayor) dengan B (B mayor).


Di nada standar penempatan nada pada tuts keyboard seperti berikut :

Do = C
Re = D
Mi = E
Fa = F
Sol = G
La = A
Si  = B
Do' =C'

Biar lebih jelas lihat gambar berikut :


Tapi bisa juga do nya kita ganti Misalnya Do = E dan seterusnya. Penggeseran nada disebut Transpose.

Gambar di atas ada tuts nya yang warna hitam adalah nada setengah, dengan lambang berikut :
1. Naik setengah lambangnya # (kres)
2. Turun setengah lambangnya ♭ (Flat / Mol)

Contoh :

Tuts hitam di depan D adalah D# (D Kres) naik setengah
Tuts hitam di belakang D adalah D(D Mol) turun setengah

Lihat gambar berikut :


Sekarang sudah mengerti kan tentang tata letak nada pada tuts keyboard. 


3. Chord  pada keyboard


Akord Major

Akord mayor adalah akord yang interval antara nadanya 2 - 1 1/2
Contoh akord mayor :
Akord C = C - E - G
Akord mayor juga bisa dibilang dalam bahasa angka 1-3-5 dalam tangga nada diatonik mayor

Cara mengingat akord major pada keyboard tidak susah rumusnya 1-5-4, yang penting ingat chord awalnya tinggal ikuti rumus tersebut dapat deh ini bisa untuk semua chord.

Penjelasannya :
1  = tuts awalnya 
5  = tuts ke 5 dari awal
4  = tuts ke 4 dari tuts 5

untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut


Gambar Contoh mencari chord dengan mudah

Mudah bukan ???


Lihat gambar berikut semua akord nya






Chord Minor

Akord minor adalah akord yang interval antara nadanya 1 1/2 - 2.
Contoh akord minor :
Akord Cm = C - Es - G
Akord minor juga bisa dibilang dalam bahasa angka 1-3-5 dalam tangga nada diatonik mayor, namun nada ke-3 turun 1/2 laras.

akord minor nya pada keyboard juga cukup mudah, dari akord major tuts ke 5 nya tinggal diturunkan 1 tuts,misalnya 

Akord C Mayor  rumusnya 1-5-4 (C-E-G)
Akord C Minor  rumusnya 1-4-4(C-Eb(E mol)-G)

Mudah bukan sekarang tinggal dilatih saja untuk mengingatnya


sekarang saya akan bagikan gambar chord keyboard 


4. Penutup 

Sekian dulu ya artikel belajar keyboard dari saya, jika ada kata-kata yang mohon di maafkan, terima kasih buat teman-teman yang sudah berkunjung di blog kami. 


Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Akord, 

https://id.wikipedia.org/wiki/Kibor





0 Response to "MUDAHNYA BELAJAR KIBOR (KEYBOARD By. Purnawandi Wawan"

Post a Comment